Cermin (Kalbu)

younger-self-reflected-in-mirror-reflection-tom-hussey-4Tak banyak yang paham bahwa jauh di dasar tiap-tiap ‘rumah’, terdapat ruang rahasia tempat menyimpan cermin gambaran jiwa. Mulai dari gubuk derita sampai ke istana raja sekalipun, pasti punya. Semula akupun tak tahu tentang hal ini.

Singkat cerita, aku baru saja melakukan operasi pada hidungku. Sekian lama aku memimpikannya, berhidung tinggi layaknya artis luar negeri. Tak kurang dua minggu kerjaanku hanya bercermin saja. Ketika akhirnya bosan dan mencari cermin baru yang lebih besar, saat itulah aku menemukannya. Terpasang indah pada dinding ruangan bawah tanah. Ruangan itu ada begitu saja.

Tak sempat kumemikirkan asal-usulnya, segera aku menghambur ke depan cermin, mematut diri. Namun yang terpampang di sana nyaris saja membuat gila. Hidungku yang seharusnya indah tampak meleleh turun. Tak hanya itu, kulitku kisut dan urat-urat berakar pada tiap ruas badan.

Sontak aku menjerit.

Tapi bayangan di cermin tidak. Ia terus mematut dirinya yang buruk rupa. Matanya berkilauan seakan ide-ide cemerlang sedang berlintasan di dalam kepala. Aku menangis, ingin berlari meninggalkan cermin tapi kakiku terpaku. Sampai akhirnya aku pingsan ketakutan.

Ketika terbangun, aku bukanlah orang yang sama. Kuceritakan pengalamanku pada suamiku dan ia hanya tersenyum penuh makna. “Hidup jangan mengejar rupa,” ia berbisik dan menarikku dalam dekapan.

Aku mengangguk perlahan. Tersadarkan.

*****


Cerita ini hanyalah fiktif belaka. #199 kata, di luar judul. Ditulis untuk Prompt #93 – Old Mirror. Gambar diambil dari sini.

2 thoughts on “Cermin (Kalbu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s