image

Jika ingin mencari jalan yang lurus, jangan datang ke Fakfak. Seharusnya kalimat di atas bisa jadi semacam peringatan bagi sesiapapun yang ingin berkunjung ke Fakfak.

Jalan lurus?

Bukaaan, saya tidak sedang membicarakan jalan kebenaran, haha. Bisa-bisa saya diminta minggat dari tanah ini, hihi. Yang saya maksud adalah makna asli dari frase ‘jalan lurus’.

Iya… jalan… yang lurus. Hahaha.

Well, kontur daratan Fakfak yang berbatu dan berbukit ini memang tidak menolong. Kali pertama saya sampai di sini, saya (yang memang telah punya kesulitan menentukan arah) dibuat kebingungan dengan jalan yang berkelok-kelok dan naik-turun. Kalau cuma dikit nggak papa ya, tapi ini banyaaaak hahaha. Even human’s blood vessels aren’t as complicated as road in Fakfak, perhaps. Hahaha.

Sudah tinggal bertahun-tahun di Fakfak, kenapa baru dibahas sekarang?

Jadi… asal muasalnya, istri yang iseng bertanya pada suatu hari (setelah iseng mengoperasikan aplikasi penunjuk kiblat di smartphonenya).

– Eh, kok arahnya beda ya, Bi?
# Apaan?
– Kiblatnya. Sambil nunjukin aplikasi.
# Ah, nggak akurat itu. Coba dicek ulang.

Lalu karena faktor layanan internet yang memang sedang aduhai, si kompas pun kembali menunjuk arah yang berbeda. Kita berdua pun cuma senyam-senyum menggerutu.
Tapi, efek dari percakapan singkat itu, kita jadi asyik ngeliatin matahari kalau sedang di luar rumah/pas jalan pake motor. Masalahnya adalah…
Yap! Jalan di Fakfak! Hahaha…
» Beberapa meter jalan matahari ada di kanan.
» Sepuluh meter kemudian mulai geser.
» Beberapa saat kemudian posisinya udah muter bener.
» Padahal kita baru aja pindah dikit. Jalannya saja masih jalan yang sama! 😥

Singkat cerita, kita akhirnya berhasil memutuskan bahwa rumah dinas kita lebih mendekati menghadap ke Utara (yang awalnya kita kira adalah Timur Laut), dengan konsekuensi… arah kiblat di rumah jadi geser beberapa derajat. Eng ing eng…

– Istri: berarti aplikasinya bener??

Hahaha, sudahlah, percaya pada mata sendiri saja dulu kalau begitu.

P.s we already tried to compare our house with the nearest mosque with little success due to the same reason: that curling road!! :)))

Advertisements